You are on page 1of 13

FENOMENA ANTARMUKA

Farmasi Fisika By : Erindyah R.W., M.Si., Apt.

Antarmuka : batas antara 2 fase atau lebih


Klasifikasi :
Fase
Gas-gas Gas-cairan Gas-padatan Cairan-cairan Cairan-padatan Padatan-padatan

Teg antarmuka
LV SV LL LS SS

contoh
Perm. Air - udara Perm meja emulsi suspensi Partikel serbuk

Aplikasi dalam farmasi :


adsorpsi obat penetrasi molekul melalui membran biologis pembentukan dan kestabilan emulsi suspensi

A. ANTARMUKA CAIRAN
Tegangan permukaan (surface tension): yaitu gaya per satuan panjang yang harus diberikan sejajar pada permukaan untuk mengimbangi tarikan ke dalam.

Tegangan antarmuka (interfacial tension): yaitu gaya per satuan panjang yang terdapat pada antarmuka 2 fase cair yang tidak bercampur.

Tegangan permukaan
Model 1 : Kawat 3 sisi
B L C

A f

f b 2L

Energi bebas permukaan :

W xA

Tegangan permukaan : Perubahan energi bebas permukaan per satuan kenaikan luas.

Model 2 : gelembung sabun. Perbedaan Tekanan Pada Antarmuka Yang Melengkung


dr r

2 P r

W = 4 r2 Mengkerut r berkurang dr W = 8 (r dr)2 = 8r2 - 8 r dr + 4(dr)2 Perub. W = - 8 r dr W = P x 4r2 x dr Pada kesetimbangan : -8 r dr = -4 P r2 dr

Pengukuran tegangan muka dan tegangan antarmuka


1. Metode kenaikan kapiler Digunakan untuk mengukur tegangan permukaan. Prinsip : Bila suatu kapiler dimasukkan dalam labu berisi zat cair, maka pada umumnya zat cair akan naik di dalam tabung sampai jarak tertentu. Dengan mengukur kenaikan ini, tegangan muka dapat ditentukan.

2r

liquid

Komponen gaya ke atas sebagai hasil tegangan muka zat cair pada sembarang titik di sekeliling dinding kapiler adalah : a = . cos Gaya ke atas total di seputar keliling tabung bagian dalam = 2 r cos Gaya gravitasi ( massa x percepatan) yang menentang gaya total ke atas = r2 h ( - 0) g + W Pada kesetimbangan : 2 r cos = r2 h g

=rhg

Contoh soal :
Suatu sampel kloroform naik 3,67 cm pada 200C dalam suatu tabung kapiler dengan jari-jari dalam 0,01 cm. Berapa tegangan muka kloroform pada suhu tersebut? Kerapatan kloroform adalah 1,476 g/cm3.

2. Metode Cincin Du Nouy Dapat digunakan untuk mengukur tegangan muka dan tegangan antarmuka Prinsip kerja: Gaya yang dibutuhkan untuk memisahkan (mengangkat) cincin platina-iridium yang dicelupkan pada permukaan atau antarmuka adalah berbanding lurus dengan tegangan muka atau tegangan antarmuka.

pembacaan dial (dyne ) x faktor koreksi 2 x kelilingcincin