You are on page 1of 21

Kelompok 2 :

MODUL 5

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Vinny M.H (1309100005) Renanthera P (1309100021) Anindya F (1309100014) Ryoki F (1309100029) Defi M (1309100078) Rizki Hildalia (1311100019) Clara A (1311100106)

Manajemen Pemasaran
Pengertian Distribusi serta Bidang-bidang Kegiatan Teori-teori Jalur Marketing

Organisasi dan Manajemen Jalur Maketing


Distribusi Fisik

Pengertian Distribusi serta Bidangbidang Kegiatan

Distribusi

adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.

Pengertian Distribusi serta Bidangbidang Kegiatan


Bidang Kegiatan Distribusi
Distribusi Bidang Ekonomi - Distribusi bidang ekonomi-Pedagang - Ditribusi bidang ekonomi-Perantara Khusus

Pengertian Distribusi serta Bidangbidang Kegiatan


Fungsi Pokok Ditribusi Bidang ekonomi
Pengangkutan Penjualan Pembelian Penyimpanan Pembakuan standar kualitas barang

Pengertian Distribusi serta Bidangbidang Kegiatan


distribusi, yaitu : Lembaga yang berfungsi sebagai saluran distribusi (Channel of distribution/marketing channel). Aktivitas yang menyalurkan arus fisik barang (Physical distribution).

Dua aspek penting yang terlibat didalam

Teori-teori Jalur Marketing


Jumlah Perantara Pemasaran
TIGA STRATEGI penentuan jumlah anggota saluran yang akan
digunakan pada setiap tingkatan : 1. Distribusi intensif : Produsen menyimpan produk sebanyak mungkin di outlet mereka. Barang-barang tersebut harus tersedia pada saat konsumen membutuhkannya. Misal : menimbun produk pasta gigi di satu outlet. 2. Distribusi eksklusif : Produsen memberikan hak ekslusif kepada sejumlah tertentu dealer untuk mendistribusikan produk mereka pada wilayah mereka. 3. Distribusi selektif : Penggunaan lebih dari satu perantara , tetapi tidak secara keseluruhan, hanya perantara yang mau menjual produk perusahaan.

Teori-teori Jalur Marketing


Alternatif Jalur Marketing
1. Saluran nol tingkat (disebut saluran pemasaran langsung ) terdiri dari produsen konsumen : Ini adalah saluran yang paling pendek, dan paling sederhana, sering juga disebut saluran langsung karena tidak melibatkan pedagang besar. Tiga cara penting dari penjualan langsung adalah penjualan dari rumah ke rumah, lewat pos, dan lewat toko milik perusahaan. 2. Saluran satu tingkat (terdiri dari satu perantara) Produsen Pengecer Konsumen : Disini pengecer besar langsung melakukan pembelian pada produsen. Adapula beberapa produsen yang mendirikan toko pengecer sehingga dapat secara langsung melayani konsumen. 3. Saluran dua tingkat (terdiri dari dua perantara) Produsen Agen / Grosir Pengecer Konsumen : Disini produsen memilih agen sebagai penyalurnya. Agen atau grosir menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan kepada para pengecer besar.

Teori-teori Jalur Marketing


Alternatif Jalur Marketing
4. Produsen Pedagang besar Pengecer Konsumen : Saluran seperti ini banyak digunakan oleh produsen dan dinamakan sebagai saluran distribusi tradisional. Disini Produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. 5. Saluran tingkat tiga (terdiri dari tiga perantara) Produsen Agen Pedagang Besar Pengecer Konsumen : Dalam saluran distribusi, produsen sering menggunakan agen sebagai perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada toko-toko kecil.

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Definisi
Philip Kotler , saluran distribusi adalah Serangkaian organisasi yang saling
David A. Revzan mengatakan bahwa Saluran Pemasaran merupakan suatu The American Marketing Association menyatakan bahwa Saluran
jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai pada pemakai. merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui mana sebuah komoditi, produk, atau jasa dipasarkan tergantung dan terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu barang atau jasa siap untuk digunakan atau dikonsumsi

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Definisi
Menurut Alex S. Nitisemito mengemukakan bahwa: Saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen C. Gleen WaIters sebagai berikut: Saluran distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu.

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Perantara
Alasan utama menggunakan perantara adalah dapat membantu
meningkatkan EFISIENSI DISTRIBUSI.

Keuntungan lain yang dapat diharapkan oleh produsen dari perantara ini
adalah : Membantu dalam pencarian konsumen. Membantu dalam kegiatan promosi. Membantu dalam penyediaan informasi. Membantu dalam pengepakan dan pembungkusan. Membantu dalam penyortiran.

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Perantara Pedagang
Perantara pedagang (merchant middleman) bertanggungjawab terhadap pemilikan semua barang yang dipasarkannya. 1. Pedagang besar (Wholesaler) 2. Pengecer (Retailer)

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Saluran
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan didalam memilih saluran distribusi, faktor tersebut antara lain :
Pertimbangan Pasar Pertimbangan Barang Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian Produsennya

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Saluran
1. Pertimbangan pasar: a.Konsumen / pasar industri b.Jumlah pembeli potensial c.Konsentrasi secara geografis d.Jumlah pesanan e.Kebiasaan dalam pembelian: kemauan untuk membelanjakan uangnya tertariknya pada pembelian dengan kredit lebih senang melakukan pembelian yang tidak berkali-kali tertariknya pada pelayanan penjual

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Saluran
2. Pertimbangan barang a. Nilai unit b. Besar dan berat barang c. Mudah rusaknya barang d. Sifat teknis e. Barang standard dan pesanan f. Luasnya product line

Organisasi dan Manajemen Jalur Marketing


Alternatif Strategi Distribusi untuk Barang Konsumsi berdasarkan Intensitasnya

Jenis Barang Konsumsi Konvenien Shopping Spesial

Panjangnya Saluran Umumnya panjang Umumnya sedang Umumnya pendek

Alternatif Strategi Distribusi Intensif Selektif Eksklusif

Pola Distribusi dlm Pasar yang ada Menyebar (banyak) Jarang (beberapa) Terpusat (satu)

Distribusi Fisik

Distribusi fisik merupakan aspek penting kedua


dalam rangka menjadikan suatu produk tersedia bagi konsumen dalam jumlah, waktu, dan tempat yang tepat.
Dewan Manajemen Distribusi Fisik Nasional Amerika Serikat suatu rangkaian aktivitas yang luas mengenai pemindahan barang jadi secara efisien dari akhir batas produksi kepada konsumen, serta di dalam beberapa hal mencakup pemindahan bahan mentah dari suatu pembekal ke awal batas produksi

Distribusi Fisik
Manajemen Distribusi Fisik Logistik Pemasaran

Kegiatan Distribusi Fisik (Basu Swasta, 1984 : 220-229). Penentuan lokasi persediaan dan sistem penyimpanannya Sistem penanganan barang

Distribusi Fisik
Penentuan Lokasi Persediaan dan Sistem Penyimpanannya Penentuan lokasi penyediaannya

Sistem penyimpanan persediaan Paletisasi.

Sistem Penanganan Barang

Pengemasan Sistem pengawasan persediaan Prosedur memproses pesanan Pemilihan metode pengangkutan

TERIMA KASIH

A PERSON WHO DOESNT CARE ABOUT THE PAST IS A PERSON WHO DOESNT HAVE THE FUTURE