You are on page 1of 3

MOTIVATION LETTER PESERTA OR BEM FK Unsri 2013 1.

Menurut Anda, apa arti aktivitas di organisasi saat menjadi seorang mahasiswa dan seberapa penting dalam dunia perkuliahan (dalam bentuk presentase)? Dunia perkuliahan tidak hanya transfer pengetahuan dari dosen kepada mahasiswa dikelas maupun praktikum. Pendidikan dalam makna luas yaitu tidak sekedar belajar, membaca, dan menulis, namun juga berhubungan dengan olah mental, hati, maupun fisik yang dapat diperoleh melalui pengalaman dalam organisasi (softskill). Organisasi mahasiswa di perguruan tinggi berangkat dari pemahaman tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat. Bentuk pendidikan sudah kita peroleh pada saat kuliah di kelas. Bentuk penelitian berasal dari teori-teori yang telah di peroleh di kelas namun dalam hal ini memerlukan beberapa pola pikir serta mental dalam menyelesaikan setiap hambatan dan permasalahan penelitian, dan pola pikir ini bisa kita dapatkan dalam sebuah organisasi, dimana organisasi melatih kepribadian kita untuk mencari setiap solusi dalam menyelesaikan setiap masalah. Bentuk pengabdian masyarakat merupakan transfer ilmu yang kita peroleh di bangku kuliah kepada masyarakat yang membutuhkannya serta mempunyai sensitifitas terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat. Hal ini tidaklah mudah, fisik, mental maupun jiwa sosial di butuhkan dalam hal ini. Penanaman nilai-nilai ini tidak sepenuhnya didapatkan pada saat jam perkuliahan, namun nilai-nilai ini akan perlahan kita peroleh ketika kita sudah masuk ke sebuah organisasi, bentuk pribadi yang bertanggung jawab, kedewasaan serta jiwa pemimpin akan di tuntut dalam sebuah organisasi, hal inilah yang dapat menyelaraskan antara ilmu di bangku kuliah dan ilmu berorganisasi sehingga kelak menjadi calon pemimpin bangsa yang berkualitas, memiliki kepribadian yang baik dan tidak bersifat apatis terhadap lingkungan masyarakat di sekitarnya. 2. Apa makna BEM FK Unsri buat anda? (bisa dalam bentuk gambar, grafik, atau kata-kata kiasan)

3. Apa komitmen saudara bila menjadi pengurus BEM FK Unsri? Menjadi pengurus yang bertanggung jawab atas sebuah keputusan dan tugas yang telah di berikan. 4. Apa kontribusi yang akan saudara berikan setelah menjadi pengurus BEM FK Unsri? Membuat program kerja yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan mahasiswa. 5. Peran fungsi apa saudara dalam sebuah tim? (konseptor, motor, eksekutor, driver dan controler) Alasannya? Konseptor, dalam sebuah tim peran konseptor sangatlah penting karena konseptor merupakan langkah awal dalam melakukan sebuah pekerjaan. Dengan menjadi konseptor kita akan tau banyak hal dalam sebuah pekerjaan baik itu kebutuhan maupun kekurangan suatu pekerjaan. Kemampuan prediksi untuk menentukan sebuah konsep merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh seorang konseptor. Dengan konseptor melatih diri kita untuk berpikir kritis dan menanamkan jiwa bertanggung jawab atas sebuah keputusan dalam menentukan sebuah konsep.

NB: Motivation Letterdiketik dan diprint, lalu disatukan dengan Essay sertaForm dan dikumpulkan tanggal 21 Januari 2013 ke: AgungHadiWibowo (PDU Reg 2011) DodiMaulana (PDU Reg 2011) Al HafizhUtama (PDU Nonreg 2011) KeyshiaNurYazid (PDU Nonreg 2011)