You are on page 1of 6

Tugas Kelompok: Kimia Sekolah Lanjut

SUSUNAN MATERI KIMIA SMA

DISUSUN OLEH

SANGKALA MUHAMMAD YAZEER LILI ILMIATI ILLING

: 13B16015 : 13B16026 : 13B16013

PENDIDIKAN KIMIA PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2013

URUTAN MATERI 1. KELAS X SEMESTER 1 A. Atom dan Unsur Atom a. Perkembangan Teori Atom (Dalton, Thomson, Ruherford, Bohr, dan Mekanika Kuantum) b. Bagian-bagian Atom (Proton, Elektron, dan Neutron) c. Isotop, Isobar, dan Isoton d. Partikel dasar penyusun atom Konfigurasi elektron Muatan dan Bilangan Oksidasi Sistem Periodik Unsur a. Perkembangan Sistem Periodik Unsur b. Konfigurasi Elektron c. Hubungan Periode dan Golongan dengan Letaknya dalam Sistem Periodik Kelimpahan unsur-unsur di alam Sifat-sifat unsur Pembuatan dan manfaat beberapa unsur Atom diajarkan pertama kali sebagai perkenalan kepada mereka tentang kimia. Pada bagian pertama ini siswa diperkenalkan tentang hal-hal yang menarik dalam kimia, misalnya kimia mempelajari sesuatu yang sangat kecil tetapi mempunyai kekuatan yang luar biasa. Pada bagian ini diajarkan dasar-dasar ilmu kimia supaya siswa tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang kimia. Setelah pembahasan atom dilanjutkan dengan pembahasan unsur dan sistem periodik terutama materi konfigurasi elektron berdasarkan sub kulitnya kemudian menghubungkannya dengan letaknya dalam table periodik. Setelah siswa mempelajari konfigurasi elektron, siswa diajarkan kemampuan suatu atom untuk melepaskan dan menerima elektron. Pada bagaian ini siswa diharapkan mampu mengetahui tentang muatan elektron, dan sebagai pembandingnya siswa diajarkan tentang bilangan oksidasi.

2. KELAS X SEMESTER 2 A. Senyawa Ikatan kimia a. Ikatan ion dan kovalen b. Gaya antar molekul

Tata nama senyawa Bentuk molekul

Setelah mempelajari atom dan unsur, siswa diajak untuk mengenal lebih jauh tentang senyawa-senyawa kimia. Tahap pertama adalah memperkenalkan kepada mereka tentang proses terjadinya senyawa melalui ikatan kimia. Pada bagian ini siswa dianggap telah menguasai materi muatan suatu unsur, sehingga mudah menerangkan kepada siswa bahwa untuk mencapai kestabilan, suatu unsur harus melepaskan atau menerima suatu elektron, dengan demikian siswa dapat meyadari bahwa antara suatu unsur saling membutuhkan untuk mencapai kestabilan. Setelah siswa mengetahui tentang proses terbentuknya suatu senyawa melalui ikatan kimia, selanjutnya diajarkan tata nama suatu senyawa dan bentuk molekulnya. Diharapkan pada bagian ini siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang bilangan oksidasi dan ikatan kimia dalam menentukan nama dan bentuk molekul suatu senyawa. Sebagai pembanding untuk ikatan kimia, pada bagian ini dapat diajarkan juga mengenai gaya antarmolekul supaya siswa bisa mengetahui perbedaan ikatan kimia dan gaya antar molekul. B. Senyawa makromolekul Hidrokarbon dan Minyak Bumi Turunan Alkana (Alkohol, eter, keton, aldehid, asam karboksilat, dan ester) Benzena dan Turunannya Makromolekul (Polimer dan Biomolekul) Materi ini adalah pengembangan dari materi sebelumnya. Pada pembahasan sebelumnya siswa mempelajari senyawa yagng masih sederhana, pada bagian ini siswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikirnya untuk mengkaji senyawa makromolekul. Kami menggabungkan materi hidrokarbon, senyawa turunan alkana, benzena dan turunnanya, makromolekul, polimer serta biomolekul ke dalam satu pokok bahasan yakni senyawa organik karena kami menganggap bahwa materi-materi ini memiliki kesamaan yakni sama-sama merupakan senyawa organik yang akan dibahas rumus umumnya, gugus fungsinya, tata nama, serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian ini juga masih dikembangkan juga tata cara memberikan nama khususnya senyawa organik dan juga reaksi-reaksi kimia yang dapat membantu siswa untuk materi selanjutnya. 3. KELAS XI SEMESTER 1 A. Stoikiometri Penyetaraan reaksi kimia Massa atom relatif dan massa molekul relatif Konsep mol

Konsentrasi Rumus empiris dan rumus molekul Hukum dasar kimia Reaksi pembatas

Setelah siswa memiliki dasar mengenai atom, unsur dan senyawa, selanjutnya siswa diajarkan untuk mengenal perhitungan kimia. Pada awal pembelajaran siswa diajarkan untuk mengenal cara menyetarakan reaksi kimia dan konsep mol yang merupakan dasar dalam perhitungan kimia. Pada bagian ini diajarkan tentang berbagai perhitungan untuk mencari konsentrasi yang dapat dugunakan untuk materi-materi selanjutnya. Pada bagian ini dikembangkan pula mengenai rumus empiris dan rumus molekul, dengan adanya materi ini diharapkan siswa dapat mengaitkan materi sebelumnya senyawa makromolekul B. Termokimia Entalpi dan perubahan entalpi Perhitungan perubahan entalpi Entalpi ikatan Bahan bakar dan perubahan entalpi Pada bagian ini ditekankan untuk mengaplikasikan pengetahuan siswa tentang ikatan kimia, perhitungan dan reaksi kimia, sehingga materi ini ditempatkan setelah senyawa dan stoikiometri. 4. KELAS XI SEMESTER 2 A. LAJU REAKSI Konsep laju reaksi Persamaan laju reaksi Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi Peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri Pada bagian ini, siswa diajarkan mengenai kecepatan reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hampir sama dengan termokimia, pada bagian ditekankan untuk mengaplikasikan pengetahuan siswa tentang perhitungan dan reaksi kimia

B. LARUTAN ASAM BASA Konsep asam basa Kesetimbangan ion dalam larutan Reaksi asam dengan basa Titrasi larutan asam basa

Teori asam basa Bronsted-Lowry Teori asam basa Lewis Pada bagian ini, siswa diajarkan mengenai larutan asam dan basa. Seperti materi sebelumnya, pada materi ini juga ditekankan stoikiometri larutan. Pada materi ini, siswa diharapkan mampu untuk melihat alam sekitar yang berhubungan dengan materi yang dikaji. 5. KELAS XII SEMESTER 1 A. Kesetimbangan Larutan Kesetimbangan kimia Larutan penyangga Hidrolisis garam Hasil kali kelarutan Pada bagian ini siswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang kesetimbangan kimia. Pada bagian ini terdapat larutan penyangga dan hidrolisis garam, sehingga siswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang asam dan basa yang telah dipelajari sebelumnya. B. Elektrolit, Sifat koligatif larutan, Reaksi Redoks, dan Elektrokimia Larutan Elektrolit Sifat koligatif larutan Reaksi Redoks Elektrokimia Pada bagian ini mengkaji hubungan antara kimia dengan listrik. pada bagian ini siswa diharapkan mampu mengkaji kimia lebih dalam. Pada bagian ini pula siswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh (stoikiometri, termokimia, asam basa) dalam mengkaji materi pada bagian ini.

6. KELAS XII SEMESTER 2 A. Koloid dan Radioaktif Koloid Radioaktif Pada bagian ini siswa diberikan materi mengenai pemanfaatan ilmu kimia mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit. Sehingga siswa diharapkan lebih tertarik untuk mempelajari kimia di jenjang pendidikan berikutnya. Melalui materi yang ada pada bagian ini, siswa diharapkan mampu melihat peran kimia dalam berbagai bidang kehidupan sehingga siswa termotivasi untuk memilih cabang ilmu kimia untuk mereka kembangkan.