You are on page 1of 5

OPRC Audio Production adalah tempat di mana Anda bisa mendapat layanan untuk memproduksi project musik anda.

Layanan Jasa : Midi Programming, Recording, Editing, Mixing, Mastering dan Arrangement.

PROFILE CONTACT FACEBOOK TWITTER

SEARCH

HOME

WHAT WE ARE DOING?

WHAT WE ARE COMPOSING?

RATES STUDIO

ONLINE SERVICE

GALLERY

TESTIMONIALS

TUTORIAL
Langkah Awal Mixing Addictive Drums di Nuendo/Cubase

Langkah Awal Mixing Addictive Drums di Nuendo/Cubase


by OPRC on Feb 8, 2013 15:27 No Comments

Feb 8, 2013

Tuning Vocal di Cubase Dengan Menggunakan Melodyne (Tehnik Melodyne ReWire)


Jan 25, 2013

Kali ini kita akan membahas bagaimana langkah awal untuk memulai mixing drum dengan fasilitas midi atau virtual instrument yaitu Addictive Drums di Nuendo. Dalam sebuah project musik yang menggunakan fasilitas drum midi programming yang biasa kita kenal dengan istilah drawing drum jelas akan lebih memudahkan kita dalam proses mixing karena sound samplenya yang sudah jadi sedemikian baik, tempo yang teratur dan minim akan terjadinya out of phase maupun total out of phase yang sering terjadi pada proses rekaman drum secara live. Ada beberapa cara untuk memixing Addictive Drums di Nuendo, yaitu : 1. Tanpa memisah track-track yang tersedia di dalam Addictive Drums, hanya membuat 1 track instrument hasil dari drawing drum tersebut. Contoh, Gambar di bawah ini :

Tutorial Basic Midi Programming in Pro Tools #1


Jan 17, 2013

Semangat Bermusik Ala Melodic Sellbat


Nov 3, 2012

OPRC AUDIOPRODUCTION

OPRCstudio
OPRCstudio momo @captainjackband project at @OPRCstudio pic.twitter.com/oI32QpR6hy
8 minutes ago reply retweet favorite

OPRCstudio Siap dong, ayo ke studio, kita cari tanggal baik :) RT"@RebellionRose: Bsk malam adalah hari latihan jatilan utk @icfest hari sabtu tgl 16
14 days ago reply retweet favorite

RebellionRose Bsk malam adalah hari latihan jatilan utk @icfest hari sabtu tgl 16 feb, sekalian garap album kedua :) udah siap @OPRCstudio ? :) #comrades
14 days ago reply retweet favorite

OPRCstudio Lagi digarap oleh engineer @aditwayer :) RT"@ibob_gegana: @OPRCstudio gmn kabar mixing mastering nya kondang jaya?"
14 days ago reply retweet favorite

Join the conversation

Kekurangan cara pertama ini, kita tidak bisa mentreatment satu-persatu track yang ada di dalam Addictive Drums

tersebut. Walaupun Addictive Drums telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya untuk kebutuhan mixing kita, misalnya : compressor, equalizer, filter, pitch, reverb dan distorsi. Dalam hal ini kita ingin memberi treatment yang lebih pada track-track drum kita misalnya memakai compressor dari waves pada snare atau equalizer dari fabfilter pada kick dll. Selain itu kita bisa mempanning send level pada tiap-tiap track atau tidak bisa lebih mengeksplor panning pada track-track drum karena hanya ada satu track intrument yang tersedia. Misal kita ingin tom 1 dan tom 2nya lebih lebar ke samping dan sebagainya. Keuntunganya teknik semacam ini lebih mudah dan menghemat waktu. 2. Dengan Memisah Track-track yang ada di dalam Addictive Drums. Dalam hal ini Addictive Drums juga mempunyai fasilitas untuk kita yang ingin lebih mengeksplor atau memaksimalkan mixing dengan membuat track-track terpisah atau indiependent misalya : track kick sendiri, track snare sendiri, track hihat sendiri dan seterusnya. Kelebihan dari teknik kedua ini adalah apa yang kita tidak dapatkan di teknik pertama. Pada intinya kita lebih bebas berkreasi dalam memix drum kita. Kekurangan teknik kedua ini tidak sesederhana teknik pertama. Tetapi jika kita telah mengetahui bagaimana langkah-langkah untuk melakukan teknik kedua ini, kita tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk memulainya. Berikut langkah-langkah untuk teknik memisahkan track masing-masing sumber bunyi pada Addictive Drums : a. Perlu diperhatikan untuk melakukan teknik kedua ini, anda harus membuat track intrument dengan menggunakan fasilitas f11. Lihat gambar di bawah ini :

OPRC Audio Production


Suka 86 orang menyukai OPRC Audio Production.

b. Jangan menggunakan fasilitas Add Instrument Trackseperti gambar di bawah ini :

c. Setelah kita mempunyai satu track Addictive Drums yang telah kita buat, seperti gambar di bawah ini :

d. Saatnya kita memisahkan track kick, snare, hihat, tom 1 dan seterusnya dengan menekan f11, klik kiri pada tombol E-> dan klik kiri lagi di tulisan active all output. Lihat contoh gambar di bawah ini :

e. Setelah mengklik Active All Outputskita akan langsung mendapatkan track-track yang telah terpisah di fasilitas mixer nuendo dan jika kita mengklik tombol E-> akan muncul track-track yang telah tercentang seperti gambar berikut ini :

f. Klik tombol ini edit intrument dan klik tombol out pada masing-masing sumber bunyi di samping kiri bagian bawah fader di Addictive Drums. Perhatikan gambar di bawah ini :

g. Selesailah langkah-langkah untuk menjalankan teknik untuk memisahkan track masing-masing sumber bunyi pada Addictive Drums. Jika melakukan langkah-langkah yang benar sumber bunyi yang ada di Addictive Drums tersebut akan keluar masing-masing di fasilitas mixer nuendo dan akan ada beberapa track baru sesuai banyaknya sumber suara yang di aktifkan, seperti gambar berikut :

h. Berilah nama sesuai dengan sumber bunyi masing-masing, seperti kick, snare, hihat dan seterusnya di track-track baru tersebut. Sekian Tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Salam Writer : Fahmy Arsyad Said (Sound Engineer OPRC Audio Production)

Previous post Tuning Vocal di Cubase Dengan Menggunakan Melodyne (T ehnik Melodyne ReWire)

What do you think?

Name required

Email required

Website

Submit

2012 OPRC STUDIO.

Didesain dan didevelop oleh Rockahurahura