You are on page 1of 3

Diagonsa Nyeri Bedah Jantung

Diagnosa Keperawatan Dapat dihubungkan dengan :

Nyeri (akut), (ketidaknyamanan) Strenotom (insisi mediastinal)dan/atau sisi donor (insisi kaki/tangan). Inflamasi jaringan/pembentukan

Kemungkinan dibuktikan oleh :

edema. Trauma saraf intraoperasi. Laporan nyeri/ketidaknyamanan insisi,parestesia ,nyeri pada tangan, lengan,bahu.

HASIL YANG DIHARAPKAN/KRTERIA EVALUASI-PASIEN AKAN:

Ansietas,gelisah,mudah terangsang. Perilaku distraksi. Peningkatan frekuensi jantung. Menatakan nyeri hilan/tak ada. Menunjukan postur tubuh rieks,kemampuan istirahat/tidur cukup. Membedakan ketidaknyamanan bedah dari angina/nyeri jantug praoperasi.

TINDAKAN/INTERVENSI

RASIONAL

Mandiri Dorong pasien untuk melaporkan tipe,lokasidan intervensi nyeri,rentang skala 0-10.Tanyakan pasien bagaimana membandingkan dengan nyeri dada praoperasi. Nyeri dirasakan,dimanifestaikan dan ditolerasi secara individual. Penting untuk pasien membedakan nyeri insisi dari tipe lain nyeri dada,contoh angina.beberapa pasien CABG tidak mengalami ketidaknyamanan berat pada Observasi cemas,mudah terangsang,menangis,gelisah,gang guan tidur. Pantau alat vital. insisi dada dan mengeluh lebih sering pada sisi donor. Nyeri berat pada area ini harus diselidiki untuk kemungkinan komplikasi. Petunjuk nonverbal ini dapat mengindikasikan adanya/drajat nyeri yang di alami. Kecepatan jantung biasanya Identifikasi/tingkatkan posisi nyaman menggunakan alat bantu bila perlu. meningkat karena nyeri,meskipun respons bradikardi dapat terjadi pada penyakit jantung berat.TD mungkin meningkat karena ketidaknyamanan insisi tetapi Berikan tindakan nyaman (contoh pijatan punggung,perubahan posisi),bantu aktivitas perawatan diri dan dorong aktivitas senggang sesuai indikasi. Jadwalkan aktivitas perawatan untuk seimbang dengan periode tidur/istirahat adekuat. Identifikasi/dorong pengunaan perilaku seperti bimbingan imajinasi,distraksi,visualisasi,napas dalam. dapat menurunatau tidak stabil bila terjadi nyeri dada berat kerusakan dan/atau miokardia. Bantal/gulungan selimut berguna untuk menyokong ekstremitas,mempertahankan postur tubuh,dan penahan insisi untuk menurunkan tegangan otot/meningkatkan kenyamanan. Dapat meningkatkan relaksasi tak lansung dan menurunkan frekuensi/kebutuhan dosis analgesik. Istirahat dan tisur adalah utama Beritahu pasien bahwa wajar saja,meskipun lebih baik,untuk meminta analgesik segera setelah ketidaknyamanan menjadi dilaporkan. Beri obat pada saat untuk penyembuhan jantung (keseimbangan antara kebutuhan oksigen dan konsumsi ), dan dapat meningkatkan koping dengan stres dan ketidaknyamanan. Teknik relaksasi pada penangan

prosedur/aktifitas sesuai indikasi.

stres,meningkatkan rasa sehat,dapat menurunkan kebutuhan analgesik,dan dapat

Selidiki laporan nyeri pada area tak biasanya (contoh betis kaki,abdomen) atau keluhan tak jelas adanya ketidaknyamanan,khususnya bila disertai perubahan mental,tanda vital,dan kecepatan pernapasan. Catat laporan nyeri dan/atau kebas pada area ulnar (keempat dan kelima) tangan sering terjadi disertai nyeri/ketidaknyamanan pada tangan dan bahu. beritahu pasien bahwa masalah biasanya teratasi sesuai waktu. Kolaborasi Berikan obat sesuai indikasi ,contoh proksifene dan asetaminofen (DarcovetN),astaminofen dan oksikodon (Tylox).

meningkatkan penyembuhan. adanya nyeri menyebabkan tegangan otot, yang mengganggu sirkulasi,memperlambat proses penyembuhan,dan memperberat nyeri. Kenyamanan/kerjasama pasien pada pengobatan pernapasan,ambulasi,dan prosedur(contoh pengangkatan selang dada,pengangkatan pacu jantung dan jahitan ) Manifestasi dini terjadinya komplikasi,contoh tromboflebitis,infeksi,disfungsi gastrointestinal.

Indikasi regangnan cedera fleksus brakhialis sebagai akibat posisi tangan selama pembedahan. pengobatan saat ini yang bermanfaat khusus tidak ada.

Biasanya di berikan untuk kontrol nyeri adekuat dan menurunkan tegangan otot, yang memperbaiki kenyamanan pasien dan meningkatkan penyembuhan.