You are on page 1of 2

Tugas Kritik Sastra AKHSAN MUKAROM/BSA/V/A Menganalisis Cerpen Cecep Ahmad Roja Yang berjudul DUNIAKU

PENOKOHAN a. Tokoh : Seorang Perempuan Siswi SMA b. Watak : Perempuan yang mandiri ALUR/PLOT Seorang siswi yang menjalani aktifitas sehari-hari dengan penuh kejadian yang unik untuk diceritakan, mengapa tidak sebab dari mulai masalah persahabatan, percintaan di sebutkan dalam cerita ini, tidak berjalan mulus dia dalam menjalani hidup, suatu hari ia berkelahi dengan teman sekelasnya, tidak di situ saja masalah itu semakin panjang sampai ke telinga guru-guru dia pun dimarahi habis-habisan oleh gurunya, dia hanya bias diam dengan kemarahan itu, karena dia sadar itu bagian dari perhaitan gurunya. Tapi hidupnya berjalan happy ending akhirnya dia dinobatkan sebagai juara umum dikelasnya.

LATAR /SETTING Tempat : sekolahan SMA Ruang dan waktu : siang hari Sosial : tentang setatus social di dalam cerita ini menyebutkan tentang kehidupannya yang serba terbatas yang hanya mengandalkan prestasi dalam belajar.

TEMA DAN AMANAT Tema cerita ini seorang perempuan yang hidup mandiri dengan segala keterbatasannya. Amanat dari cerita ini bisa mengambil hikmah dari cerita pendek ini karena kita mahluk social yang butuh pendamping atau teman.