You are on page 1of 11

MOTOR LISTRIK

MOTOR LISTRIK Gambar 2.1 Bagan Klasifikasi Motor Listrik Mesin Arus Searah Mesin arus searah dapat berupa

Gambar 2.1 Bagan Klasifikasi Motor Listrik

Mesin Arus Searah

Mesin arus searah dapat berupa generator DC atau motor DC. Generator DCalat yang mengubah 14ynamo mekanik menjadi 14ynamo listrik DC. Motor DCalat yang mengubah 14ynamo listrik DC menjadi 14ynamo mekanik putaran. Sebuah motor DC yang memiliki tiga komponen utama, antara lain sebagai berikut.

  • a. Kutub medan.

Secara sederhana digambarkan bahwa interaksi duakutub magnet akan menyebabkan perputaran pada motor DC. Motor DC memiliki kutub medan yang stasioner dan 14ynamo yangmenggerakan bearing pada ruang diantara kutub medan. Motor DCsederhana memiliki dua kutub medan: kutub utara dan kutub selatan.Garis 14ynamo14l 14ynamo membesar melintasi bukaan diantarakutub-kutub dari utara ke selatan. Untuk motor yang lebih besar ataulebih komplek terdapat satu atau lebih 14ynamo14l14g14et. Elektromagnet menerima listrik dari sumber daya dari luar sebagai penyedia struktur medan.

  • b. Dinamo.

Bila arus masuk menuju 14ynamo, maka arus ini akanmenjadi 14ynamo14l14g14et. Dinamo yang berbentuk silinder,dihubungkan ke as penggerak untuk menggerakan beban. Untuk kasusmotor DC yang kecil, 14ynamo berputar dalam medan magnet yangdibentuk oleh kutub-kutub, sampai kutub utara dan selatan magnet berganti lokasi. Jika hal ini terjadi, arusnya berbalik untuk merubahkutub-kutub utara dan selatan 15ynamo.

  • c. Commutator.

Komponen ini terutama ditemukan dalam motor DC.Kegunaannya adalah untuk membalikan arah arus listrik dalam15ynamo. Commutator juga membantu dalam transmisi arus antara15ynamo dan sumber daya

CONTOH GAMBAR MOTOR LISTRIK

CONTOH GAMBAR MOTOR LISTRIK