You are on page 1of 6

ANTIBIOTIK ORAL,TOPIKAL,ANTI JAMUR ANTIBIOTIK ORAL

AMOXICILLIN

DOSIS DEWASA
250 500 Mg 3 4 kali sehari

DOSIS ANAK
50 100mg /kgBB/hari

EFEK SAMPING

Pada pasien yang hipersensitif dapat terjadi reaksi alergi seperti urtikaria, ruam kulit, pruritus, angioedema dan gangguan saluran cerna seperti diare, mual, muntah, glositis dan stomatitis.

Cefadroxil

500 100mg 2 x sehari

25 - 50 mg/kg BB Gangguan saluran dalam dosis tunggal pencernaan, seperti mual, atau dua dosis terbagi. muntah, diare, dan gejala kolitis pseudomembran. Reaksi hipersensitif, seperti ruam kulit, gatalgatal dan reaksi anafilaksis. Efek samping lain seperti vaginitis, neutropenia dan peningkatan transaminase. Gangguan saluran cerna : Mual,muntah,diare dan sakit perut Gangguan susunan saraf pusat: Sakit kepala,pusing,gelisah,ins omnia dan euforia Reaksi hipersensitivitas : Pruritus dan urtikaria. Peningkatan sementara nilai enzim hati, terutama pada pasien yang pernah mengalami kerusakan
1|dosis dan ES obat

Ciprofloxacine

Untuk infeksi saluran kemih : Ringan sampai sedang : 2 x 250 mg sehari Berat : 2 x 500 mg sehari Untuk gonore akut cukup pemberian dosis tunggal 250 mg sehari Untuk infeksi saluran cerna Ringan / sedang / berat : 2 x 250 mg sehari Untuk infeksi saluran nafas, tulang dan sendi kulit dan jaringan lunak : Ringan sampai

sedang : 2 x 500 mg sehari Berat : 2 x 750 mg sehari Untuk mendapatkan kadar yang adekuat pada osteomielitis maka pemberian tidak boleh kurang dari2 x 750 mg sehari Dosis untuk pasien dengan gangguan fungsi ginjal : Bila bersihan kreatinin kurang dari 20 ml/menit maka dosis normal yang dianjurkan harus diberikan sehari sekali atau dikurangi separuh bila diberikan 2 x sehari.

hati. (hepatotoksisitas)

Doxycycline (doksisiklin)

Dewasa dan anak > 8 tahun dengan berat badan > 45 kg: 100 mg setiap 12 jam selama hari pertama dilanjutkan dengan 100 mg sekali sehari. Infeksi berat : 200 mg sehari.

Anak-anak berusia > 8 tahun dengan berat badan < 45 kg: 4,4 mg/kgBB/hari dengan selang waktu 12 jam selama hari pertama dilanjutkan dengan 2,2 mg/kgBB sekali sehari

Beberapa pasien yang peka dapat mengalami fotosensitivitas, alergi kulit pada waktu terkena sinar matahari. Reaksi hipersensitivitas / alergi seperti: ruam kulit dan gatal-gatal. Gangguan pencernaan seperti: mual, muntah, dan diare. Dapat terjadi anemia hemolitik, trombositopenia.

2|dosis dan ES obat

Clindamycin (Klindamisin)

Dewasa : Infeksi serius 150300 mg tiap 6 jam Infeksi yang lebih berat 300450 mg tiap 6 jam

Anak-anak : Infeksi serius 8-16 mg/kg/hari dalam dosis terbagi 3-4 Infeksi yang lebih berat 16-20 mg/kg/hari dalam dosis terbagi 3-4

Gangguan gastrointestinal: mual,muntah,diare dan kolitis pseudomembranousditan dai dgn demam nyeri abdomen, diare dgn darah dan lendir pada tinja) Reaksihipersensitif: pruritus, rash, urtikaria Hati: jaundice, abnormalitas test fungsi hati. Ginjal: disfungsi ginjal (azotemia, oliguria, proteinuria) Hematopoietic: neutropenia sementara (leukopenia), eosinofilia, agranulositosis, thrombositopenia Muskuloskeletal: polyarthritis

Thiamphenicol (Tiamfenikol)

Dewasa : Anak-anak : infeksi ringan : 20-30 mg/kg 1 gram/hari dalam 4 berat dosis terbagi. badan/hari. infeksi berat : 1,5 gram/hari dalam 3 dosis terbagi Gonore : dosis tunggal sebesar 2,5 gram.

Diskrasia darah terutama anemia aplastik yang dapat menjadi serius dan fatal. Depresi eritropoesis, penurunan lekosit dan trombosit. "Gray syndrome" pada bayi prematur atau bayi yang baru lahir. Gangguan lambung-usus seperti mual, muntah, diare.

3|dosis dan ES obat

Erythromycin (Eritromisin)

Dewasa : Anak: 250 mg 4 x sehari, atau 30-50 500 mg 2 x sehari mg/kgBB/hari (maksimal 4 gr untuk infeksi dibagi dalam 4 berat) dosis (maksimal 60-100 mg/kgBB/hari untuk infeksi berat)

Gangguan saluran pencernaan seperti nyeri epigastrik, mual, muntah, dan diare Kadang-kadang terjadi anafilaksis, dan nefritis interstisial. Kadang-kadang terjadi gangguan pendengaran jika digunakan dalam dosis besar atau pada gangguan fungsi ginjal atau pada pasien usia lanjut. Reaksi hipersensitif termasuk ruam kulit, demam obat dan eosinofilia.

ANTIBIOTIK TOPIKAL Oxytetracycline / Oksitetrasiklin

Salep Kulit 3%: Oleskan 2 sampai 3 kali sehari pada kulit yang terkena infeksi. Terlebih dahulu bersihkan bagian yang akan diobati.

Reaksi alergi

Gentamicin

Salep Kulit Sebagai Sulfat 0,1% (15 g, 30 g)Salep dioleskan pada kulit yang sakit 3 4 kali sehari

Reaksi hipersensitivitas / alergi seperti: ruam kulit dan gatal-gatal

4|dosis dan ES obat

Obat ANTI JAMUR Griseofulvin 125mg dan 500mg (PO) Ketoconazole (Tablet)

500 1000mg/hari

5 15mg/kgBB/he

200 400mg/hari (1 tablet (200 mg) sekali sehari pada waktu makan. Apabila tidak ada reaksi dengan dosis ini, dosis ditingkatkan menjadi 2 tablet (400 mg) sekali sehari pada waktu makan)

Anak dengan berat badan kurang dari 15 kg: 20 mg 3 kali sehari pada waktu makan. Anak dengan berat badan 15-30 kg: 100 mg sekali sehari pada waktu makan. Anak dengan berat badan lebih dari 30 kg sama dengan dewasa. Tidak boleh digunakan untuk umur < 2 tahun.

dispepsia, nausea, sakit perut dan diare. Sakit kepala, peningkatan enzim hati yang reversibel, gangguan haid, pusing, parestesia dan reaksi alergi. Trombositopenia, alopesia, peningkatan tekanan intrakranial yang reversibel (seperti papiledema, bulging fontanel pada bayi). Impotensi (sangat jarang).

Buku UI : dosis anak 3,3 6,6 mg/kgBB/hari Ginekomastia dan oligospermia yang reversibel bila dosis yang diberikan lebih tinggi dari dosis terapi yang dianjurkan. Hepatitis (kemungkinan besar idiosinkrasi) jarang terjadi (terlihat dalam < 1/10.000 penderita). Reversibel apabila pengobatan dihentikan pada waktunya.

Ketoconazole (Krim 2%)

Dioleskan sekali sehari pada daerah yang terinfeksi dan sekitarnya pada penderita kandidosis kutis, tinea korporis, tinea kruris, tinea manus, tinea pedis dan tinea (pitiriasis) versikolor.

Pada pemberian topikal: iritasi, rasa terbakar dan pruritus.

5|dosis dan ES obat

Pada penderita dermatitis seboroik: pengobatan sekali atau dua kali sehari. Pengobatan harus dilanjutkan untuk beberapa waktu, sedikitnya sampai beberapa hari setelah gejala-gejala hilang.

6|dosis dan ES obat