You are on page 1of 6

Komunikasi Sosial

ANALISA SOSTAC PADA DIRI SENDIRI


2013

A. PENDAHULUAN Latar Belakang Seberapa sering kita berbasa-basi dengan teman, namun kemudian berubah menjadi perang argumentasi, debat kusir, bahkan perkelahian yang berujung permusuhan. Seberapa sering kita sebagai seorang suami yang jujur menyatakan ketidaksukaan pada masakan istri dan cara berpakaian istri. Seberapa sering jika kita seorang suami yang awal mulanya pacaran dulu dapat berbicara dengan sangat mesra pada pacar, namun pada pernikahan tahun 3,4 atau 5 berubah menjadi suami sinis dan kasar secara erbal kepada istri, dan berikutnya muncul kon!lik dalam rumah tangga. Seberapa sering kita dimintai tolong teman, saudara atau atasan namun sebenarnya kita tidak suka, tetapi sulit untuk menolaknya.

B. RUMUSAN MASALAH "agaimana berkomunikasi yang baik dan benar berdasarkan #$#%&S&S S'S(#) *Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control + ,

C. PEMBAHASAN / ANALISIS Strategi dlm komunikasi ada yg namanya #$#%&S&S S'S(#), dalam hal ini akan dibahas analisis S'S(#) pada diri sendiri dalam berkomunikasi dengan orang lain. -. S&(.#(&'$

S U P R I Y A N T O/E/7892

Komunikasi Sosial /alam menganalisis situasi, kita harus melakukan analisa keadaan perusahaan dan keadaan di mana diri kita berada. Situation analysis dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti0 /iri kita sekarang berada di posisi
2013

mana, 'rang lain yg berkomunikasi dengan kita ada bepara banyak , #pa strategi dalam dirikita untuk menarik perhatian orang lain , /an berbagai pertanyaan lainnya.

1.

'"23)(&43 'bjecti e disini artinya adalah tujuan yang ingin dicapai oleh diri sendiri. 5enentukan tujuan membantu diri sendiri dalam menentukan langkah-langkah apa yang akan diambil ke depannya.

3.

S(6#(378 Strategi yang dapat kita lakukan misalnya sebagai seorang pemimpin diantaranya adalah e!agai !erik"t # a. Ber$ikir e!el"% !er!i&ara. Suatu ketika saya menyampaikan kepada orang lain *anggota+ saya bahwa ketika saya akan mengambil keputusan, maka gunakanlah pikiran bukan dengan perasaan. Seorang pemimpin perlu menjahit pesan9isu yang ada sehingga ia dapat memperoleh gambaran penuh tentang in!ormasi yang diberikan oleh para audiens *anggota+. b. (etap !okus dengan mengkombinasikan gambaran jangka panjang dan jangka pendek. :emimpin harus e!ekti! dalam memilah isu-isu yang muncul di lingkungan sekelilingnya. c. ;endalikan emosi secara e!ekti!.

S U P R I Y A N T O/E/7892

Komunikasi Sosial :emimpin mesti bersikap !leksibel, tidak boleh menunjukkan rasa !rustasi atau amarah sesukanya. 2ika itu terjadi, maka pemimpin akan menjadi bagian dari masalah.
2013

d. Selalu berharap dengan melakukan sesuatu hal yang berhubungan dengan isi dan misi. :emimpin harus mampu menghubungkan pesan mereka dengan misi atau isi . :emimpin sebaiknya memberikan rencana yang jelas tentang usaha untuk mencapai hasil yang diinginkan dan mereka sebaiknya menawarkan pendekatan yang positi! saat bawahan dihadapkan dengan berita buruk. e. ;enali kualitas isu-isu yang baik. ;etika berita buruk harus disampaikan, bawahan biasanya cenderung lebih menghargai situasi in!ormal daripada pertemuan !ormal. f. 2awablah pertanyaan bawahan dengan jelas. 7unakan bahasa yang simpel dan jawablah isu-isu yang muncul dan jika tidak dapat memahami pertanyaan yang diutarakan, akuilah. (unjukkan kesuksesan bersama di dengan tujuan atau isi. aat yang te$at. :emimpin tidak hanya perlu mengumumkan keberhasilan, tetapi juga menghubungkan kesuksesan itu

4.

(#)(&)S #kan dijelaskan dalam beberapa taktik dibawah ini 0 a. "erikan kesan bahwa kita antusias berbicara dengan mereka < "eri mereka kesan bahwa kita lebih suka berbicara dengan mereka daripada orang lain di muka bumi ini. b. #jukan pertanyaan tentang minat mereka < #jukan pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka.

S U P R I Y A N T O/E/7892

Komunikasi Sosial c. "eradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka < 6asakan bagaimana perasaan mereka pada saat ini dengan mengamati bahasa tubuh dan nada suara.
2013

d. (unjukkan rasa persetujuan0 ;atakan kepada mereka apa yang kita kagumi tentang mereka dan mengapa < Salah satu cara terbaik untuk segera berhubungan dengan orang adalah dengan menjadi jujur dan memberitahu mereka mengapa kita menyukai atau mengagumi mereka. e. /engarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan < 2angan terlalu ber!okus pada apa yang akan kita katakan selanjutnya selagi mereka berbicara. !. "eri mereka kontak mata yang lama < kontak mata yang kuat

mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa kita tidak hanya terpikat oleh mereka dan apa yang mereka katakan tetapi juga menunjukkan dapat dipercaya. ;etika dilakukan dengan tidak berlebihan, mereka juga akan menganggap kita yakin pada diri anda sendiri karena kesediaan anda untuk bertemu mereka secara langsung. #kibatnya, orang secara alami akan lebih memperhatikan terhadap apa yang kita katakan.

5.

#)(&'$ "erkomunikasi dengan orang lain memang perlu sebuah teknik dan cara yang benar, karena tidak semua orang tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan bersahabat dengan orang lain agar maksud kita tercapai. Saya mencoba mengulas 5 tips sederhana agar kita mampu berkomunikasi dengan baik dan bersahabat dengan orang lain, apa saja tips sederhana tersebut. &ni dia penjelasannya.

1. :astikan kita berkenalan dengan ramah dan sopan dengan orang yang baru

saja kita kenal.

S U P R I Y A N T O/E/7892

Komunikasi Sosial
2. "iasanya kebanyakan orang akan sering mempertanyakan dua hal yang

pertama ketika mereka akan memulai pembicaraan9obrolan yang sederhana, yaitu pertama adalah menanyakan nama, yang kedua adalah alamat dan
2013

setelah itu berkembang kepada hobi, pekerjaan dan lain-lain. 2adi pastikan kita mengatakan nama dengan jelas dan baik, karena lawan bicara akan mendengar nama untuk pertama kalinya dan pastinya orang akan lebih bersahabat jika sudah mengenal nama.
3. :astikan pandangan tertuju kepada mata lawan bicara. 4. "erikan rasa empati9welas kasih ketika lawan bicara mulai berbicara seputar

masalah pribadinya.
5. 7unakan kosa kata dan artikulasi yang jelas, nada yang pas dan intonasi

yang baik ketika berkomunikasi dan bersahabat dengan orang lain.


6. "erikan waktu kepada lawan bicara untuk mengakhiri pembicaraannya dan

jangan pernah sekali-kali memotong ketika lawan bicara sedang berbicara. &ni sangat penting karena kita pasti memiliki giliran untuk bicara dan lawan bicara akan lebih menghormati kita
7. 2ika komunikasi sudah lancar dengan orang lain, maka akan bebas untuk

memilih topik yang lain untuk dibicarakan seperti hobi, anak, pekerjaaan dan lain-lain.
8. #khiri pembicaraan9komunikasi dengan orang lain yang sudah dikenal

dengan salam yang sopan dan santun.

=.

)'$(6'% Control, meskipun tahapan yang terakhir namun pengendalian dari semua perencanaan diatas juga termasuk tahapan yang sangat penting untuk diperhatikan juga dilakukan. )ontrol adalah mempertanyakan apakah kita berhasil atau malah gagal dalam melakukan semua tahapan yang sudah direncanakan.

S U P R I Y A N T O/E/7892

Komunikasi Sosial

/. ;3S&5:.%#$ ;emampuan berkomunikasi yang baik9e!ekti! adalah salah satu aspek esensial dari kualitas kepemimpinan seseorang. :impinan baik tidak hanya berperan sebagai mediator9penghubung, tetapi juga dapat memberikan pernyataan isi dan misi yang mampu menginspirasikan orang lain. :emimpin harus bersikap terbuka dan jujur tentang apa yang mereka lakukan dan pikirkan. 5emimpin orang lain bukanlah pekerjaan mudah. /i masa krisis, tantangan bagi para pemimpin justru jauh lebih besar dan sulit. ;omunikasi yang e!ekti! dibangun atas dasar kepercayaan, isi, harapan, harga diri, dan a>idah9keyakinan.
2013

S U P R I Y A N T O/E/7892