You are on page 1of 4

CLINICAL PATHWAYS DAN SISTEM DRGs CASEMIX

SMF PENYAKIT PARU RS PELNI JAKARTA


ASMA BRONKIAL
Berat badan : ……… Kg
Kode ICD 10 : Rencana awal : 5 hari
Label Identitas Tinggi Badan : …….. Cm

Aktivitas Ruang Tgl/jam Tgl/Jam Lama Rawat: Tarif kamar/hr (Rp) Biaya (Rp) :
Pelayanan rawat: masuk: Ke luar:
Kelas:

Hari Rawat Hari rawat Hari rawat Hari rawat Hari rawat
1 2 3 4 5
Pemeriksaan Klinis
 Penilaian awal
IGD/Klinik
1. Kesadaran ... ... ... ... ...
2. Suhu ... ... ... ... ...
3. Tekanan Darah ... ... ... ... ...
4. Denyut nadi ... ... ... ... ...
5. Frekuensi ... ... ... ... ...
Napas
6. Otot-otot bantu ... ... ... ... ...
napas
7. Mengi/ekspirasi ... ... ... ... ...
memanjang
8. Arus Puncak ... ... ... ... ...
Ekspirasi (APE)
9. PCO2 ... ... ... ... ...
10. PO2 ... ... ... ... ...
11. Saturasi O2 ... ... ... ... ...
 Penilaian awal
Spesialis (DPJP)
AssesmenLanjutan
 Anamnesis
 Tanda-tanda vital
 Kesadaran ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Tekanan Darah ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Frekuensi Nadi ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Frekuensi ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
napas ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Suhu ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Saturasi O2
 Pemeriksaan fisis .... .... .... .... ....
paru
 Inspeksi .... .... .... .... ....
 Palpasi
 Perkusi
 Auskultasi
 Penilaian ulang
DPJP
 Penilaian harian
Pemeriksaan Penunjang
 Hemoglobin ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Hematokrit ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Lekosit ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Hitung jenis ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Trombosit ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Laju endap darah ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Analisis Gas Darah
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Elektrolit (Na, K, Cl,
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
Ca)
 Kadar eosinofil
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
total serum
 Kadar IgE Total
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
atau spesifik
 Fungsi hati
(SGOT/SGPT, ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
Bilirubin
direk/indirek)
 Fungsi Ginjal ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
(ureum/kreatinin)
 Gula Darah
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
(sewaktu, N/PP,
HbA1C)
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 MO Sputum
(Gram, Kultur ,
Resistensi)
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Foto Torax (PA,
Lateral)
 EKG
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Spirometri
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Uji Bronkodilator ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Peak Flow Rate ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
(PFR)
 Uji Provokasi ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
bronkus
(astograf)
Konsultasi
 Dokter spesialis ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
penyakit dalam
(atas indikasi)
 Dokter spesialis ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
jantung (atas
indikasi)
 Dokter spesialis ( ) ( )
rehabilitasi medik
Tatalaksana Medis
Medikamentosa
Oksigen ( ) ( ) ( ) ( )
 Nasal kanul 2-6 LPM
 NRM 8-15 LPM
 Infus Ringer Lactat ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
Obat-obatan
1. Bronkodilator ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Inhalasi
 Farbiven 3- ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
6x/hr
 Ventolin 3- ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
6x/hr
 Combivent 3- ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
6x/hr
 Berotec 3- ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
6x/hr
 Procaterol ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
3x/hr
 Ipratropium ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
bromide 3-
6x/hr
 IV
 Aminophylline ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
5-10 mg/kgbb ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Terbutalin
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
(Bricasma)
 MgSO4 2 gr
 SC
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Terbutalin
(Bricasma) 3-
4x0,25 mg
 Oral ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Salbutamol 3 x
0,3-4 mg ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Teofilin 3 x 30-
200 mg

2. Antiinflamasi inhalasi ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Pulmicort 2-4x/hr ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Flixotide 2x/hr ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Symbicort 2x/hr ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Seretide 2x/hr ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Obucort 2x/hr ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Onbrez 2x/hr

2. Antiinflamasi
 IV/IM
 Dexamethason ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
2x10-20 mg
 Methylprednis ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
olon 3x40-125
mg

 Oral
 Methylprednis ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
olon 3x4-8 mg
 Prednison 3x5- ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
10 mg

3. Antibotika
 IV
 Azithromycin ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
1x500 mg
 Levofloxacin ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
1x500-750 mg
 Ceftriaxone ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
1x500-750 mg
 Oral
 Azithromycin ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
1x500 mg
 Levofloxacin ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
1x500-750 mg
 Cefixime
1x100-200 mg ( ) ( ) ( ) ( ) ( )

4. Mukolitik
 Ambroxol 3x1 ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
tab
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Bromheksin
3x1 sdm
 OBH 3x1 sdm
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Fartolyn exp
( ) ( ) ( ) ( ) ( )
3x1 sdm

Nutrisi
 Diet Oral ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Biasa TKTP
Aktivitas
 Bed rest total ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Mobilisasi ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
Hasil (outcome)
 Sesak ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
berkurang/hilang
 Mengi ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
menghilang
 PFR membaik ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Penyakit penyerta ( ) ( ) ( ) ( )
tertangani ( )
 Aktivitas sendiri ( ) ( ) ( ) ( )
 Visit dan ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
konsultasi (Dokter
dan Perawat)

Pemantauan
 Tanda vital ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
normal
 Keadaan umum ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
baik
Edukasi
 Penyakit dan ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
komplikasi
 Pemeriksaan ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
penunjang
 Terapi ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
 Rencana lama ( )
perawatan
 Pencegahan ( )
penyakit
 Mengenali gejala
eksaserbasi
 Cara penggunaan ( )
obat pulang
 Kontrol pasca ( )
rawat
Varians
Jumlah Biaya
NamaPerawat KodeICD KodeICD
Diagnosis akhir JenisTindakan
10 9-CM
 Utama  Anamnesis dan
pemeriksaan fisis
NamaDokter  Penyerta  Penunjang
Diagnosis
 Pemberian obat
injeksi dan oral
NamaPelaksana  Komplikasi
Verifikasi

You might also like