You are on page 1of 3

LAPORAN SEMENTARA PERCOBAAN 3

KOMPLEKS BEBERAPA LOGAM TRANSISI DENGAN ION KLORIDA


I. TUJUAN Mempelajari pengaruh konsentrasi ion klorida pada pembentukan kompleks klor dari logam besi, kobalt dan nikel dalam resin penukar anion.

II. ALAT DAN BAHAN Alat 1. 1 set kolom resin penukar anion 2. 1 buah gelas ukur 25 ml 3. 12 buah tabung reaksi kecil 4. 1 buah gelas beker 250 ml 5. 1 lempeng kaca bening 6. 7. 8. 9. Bahan 1. Larutan HCL 9M, 5M, 2M, 1M 2. Larutan Besi(III), Co(II), Ni(II) 3. Larutan KCNS 4. Larutan NH4CNS 10% dalam aceton 5. Larutan amonia 6. Larutan dimetil glioksin 7. 8.

III. CARA KERJA Siapkan kolom resin penukar anion :

Buat 50 ml larutan HCl 1M dan 5M dari larutan 9M Siapkan campuran ion-ion logam Fe, Cu dan Ni

Buka kran kolom dan biarkan larutan HCl 2M menetes sampai permukaan larutan tetap diatas lapisan glaswool diatas lapisan resin Tambahkan 10 ml HCl 9M untuk mengisi tabung bagian atas Tutup kran dan tambahkan 2 ml larutan campuran ion logam Buka kran dengan kecepatan alir sama seperti sebelumnya (2,5 ml/menit) **) Apabila permukaan larutan turun sampai pada lapisan glasswool, tambahkan 5 ml HCl 9M Tampung eluat (larutan yg keluar dari kolom) dalam tabung reaksi kecil Hasil tampungan beri tanda 5-1 Tambahkan lagi 5 ml HCl 9M dan tampung eluat dalam tabung berbeda (5-2) Lakukan sekali lagi sampai diperoleh (5-3) Ulangi langkah **) dengan menggunakan 5 ml HCl 5M selama 4 kali Tampung eluat dan beri tanda 6-1, 6-2, 6-3 dan 6-4 Ulangi langkan **) dengan menggunakan 5 ml HCl 1M sebanyak 4 kali Eluat yang dihasilkan diberi tanda 7-1, 7-2 dst Setelah 5 ml larutan HCl 1M terakhir sampai pada lapisan glasswool, tambahkan 10 ml akuades untuk mencuci resin Tambahkan 20 ml HCl 2M ke dalam kolom dan tutup kran bila larutan 2 cm diatas glawool Bandingkan warna tiap eluat dengan warna larutan Fe, Co dan Ni murni dalam HCl Uji kualitatif logam Fe, Co dan Ni dilakukan dengan cara berikut : Tempatkan beberapa tetes setiap eluat pada kaca diatas kertas putih Tambahkan setetes KCNS 0,1 M pada setiap eluat. Warna merah bata Fe(CNS)2+ ada ion Fe Tempatkan setetes eluat baru pada kaca. Buat tetesan menjadi bersifat basa dengan menambahkan amonia 15M Cek dengan kertas lakmus Tambahkan setetes dimetlgliokin. Endapan merah terang nikel(II)

Tempatkan setetes eluat baru pada kaca. Tambahkan setetes larutan NH4CNS 10% dalam aseton pada setiap eluat Warna biru akibat pembentukan ion Co(CNS)42- ada ion kobalt(II)

IV. HASIL