You are on page 1of 17

COELENTERATA (CNIDARIA)

AFFTARIO (3) AFIQ ILMA (4) OKVI NURUL (18)

PENGERTIAN
Coelenterata (coelenteron = rongga) adalah invertebrata yang memiliki rongga tubuh yang berfungsi sebagai alat pencernaan (gastrovaskuler).Coeleanterata disebut juga Cnidaria (cnido = penyengat) karena memiliki sel penyengat (nematosis) untuk melumpuhkan mangsa dan pertahanan diri,terletak pada tentakel (untuk menangkap mangsa dan memasukan makanan ke dalam mulut) disekitar mulutnya.

Bentuk tubuh
Tubuh mereka terdiri atas mesoglea, suatu bahan tak hidup yang mirip jeli, terletak di antara dua lapisan epitelium.Tubuh Coelenterata simetris radial dengan bentuk berupa medusa atau polip Medusa berbentuk seperti lonceng atau payung yang dikelilingi oleh tentakel. dan biasa digunakan untuk hidup melayang-layang di perairan Polip berbentuk seperti tabung atau seperti medusa yang memanjang. Untuk hidup menempel di bebatuan

PROSES PENCERNAAN
Coelenterata merupakan hewan diploblastik karena tubuhnya memiliki dua lapisan sel, yaitu ektoderm (epidermis) dan endoderm (lapisan dalam atau gastrodermis). Ektoderm berfungsi sebagai pelindung Endoderm berfungsi untuk pencernaan.Makanan yang masuk ke dalam gastrosol akan dicerna dengan bantuan enzim yang dikeluarkan oleh selsel gastrodermis (pencernaan ekstraseluler).Hasil pencernaan dalam gasrosol akan ditelan oleh selsel gastrodermis (Pencernaan intraseluler)untuk kemudian dicerna lebih lanjut dalam vakuola kemudian diedarkan ke bagian tubuh lainnya secara .

PERKEMBANGBIAKAN
Aseksual => membentuk kuncup/tunas yang menempel pada induknya. Yaitu pada kakinya akan membesar sehingga terbentuk tentakel dan kemudian melepaskan diri. Seksual => penyatuan sel sperma yang telah masak yang kemudian berenang menuju ke ovum dan terbentuklah zigot.

KLASIFIKASI

Hydrozoa
Scyphozoa Anthozoa

Kelas Hydrozoa
kebanyakan hidup di laut ataupun air tawar dan berkoloni,soliter. Ukuran tubuhnya sangat kecil dan mirip tumbuhan. Bila hidup berkoloni bentuk tubuh polip dan medusa, sedangkan soliter berbentuk polip. Contoh anggota kelas ini adalah Hydra sp., Obelia sp., dan Physalia sp.

1) Hydra sp.

hidup di air tawar dan soliter Tubuhnya berukuran antara 1-3 mm, berbentuk polip,sehingga hidupnya sessil. Tubuh berbentuk silindris, pada ujungnya terdapat mulut yang dikelilingi hipostome fungsinya menangkap mangsa. bereproduksi secara vegetatif (membentuk tunas) dan secara generatif.

Struktur hydra

2) Obelia sp.

hidup di laut dan berkoloni hidupnya dijumpai stadium polip dan medusa,

3) Physalia sp.

hidup di laut. Tubuhnya unik, mempunyai bentuk yang panjang membentuk polip dan terdapat bagian tudung yang digunakan untuk mengapung (seperti medusa). Polip mempunyai tiga bagian yaitu gastrozoid (pencernaan), gonozoid (reproduksi), daktilozoid (menangkap mangsa). Physalia sp. merupakan Coelenterata yang berbahaya bagi manusia.

Kelas Scyphozoa
dikenal sebagai the true medusae (medusa sejati) atau jelly fish (ubur-ubur). Fase medusa sangat dominan dan fase polip tidak ada atau mereduksi. Bentuk tubuhnya seperti parasut atau payung yang melayang-layang di laut. Hewan ini memiliki lapisan mesoglea yang tebal dan dapat digunakan sebagai sumber nutrien. Contoh kelas ini antara lain Aurelia sp., Pelagia sp., Stomolopus sp., dan Chrysauna quinquecirrha dimanfaatkan untuk makanan dan bahan kosmetik

Aurelia sp

Siklus hidup Aurelia sp.

Kelas Anthozoa
Kata anthozoa berarti hewan yang menyerupai bunga, meliputi koral, bunga karang (mawar laut), dan anemon laut hidup di laut, baik soliter atau berkoloni, dan hidupnya melekat pada substrat. Mereka menghasilkan zat kapur atau kalsium karbonat (CaCO3) yang membentuk terumbu karang. Tubuh anthozoa berbentuk silinder pendek dan pada salah satu ujungnya terdapat mulut yang dikelilingi tentakelbentuk polip. Contoh anggota kelas ini adalah Tubifora musica, Acropora sp., Meandrina sp., dan Anthipates sp. Banyak digunakan untuk pariwisata, gelang

Contoh gambar anthozoa

THANK YOU